Polimer Impact Modifier Feature Image

Polimer Impact Modifier Untuk Meningkatkan Performa Produk Plastik

Polimer Impact Modifier Atau Elastomer untuk meningkatkan Performa Produk Plastik

Polimer Impact Modifier atau Elastomer adalah salah satu aditif plastik yang berfungsi untuk meningkatkan kelenturan pada plastik sehingga performa dari plastik tersebut semakin meningkat.

Mengapa dapat dikatakan meningkatkan performa?

Untuk menghasilkan produk plastik, pada umumnya campuran yang digunakan adalah resin plastik plus aditif plastik dan pewarna. Resin adalah bahan baku utama yang digunakan untuk menghasilkan produk plastik. Setiap resin yang telah diproses akan menghasilkan produk dengan kekuatan yang berbeda-beda. Biasanya terdapat beberapa parameter yang digunakan untuk mengukur kekuatan suatu produk plastik sebagai berikut:

  • Tensile Strength yaitu tegangan maksimal yang sanggup untuk ditahan sebuah produk sebelum akhirnya patah atau retak
  • Elongation yaitu kepanjangan suatu produk ketika ditarik hingga patah atau retak
  • Torsional Rigidity yaitu kekuatan yang dibutuhkan untuk memutar suatu produk hingga satu putaran
  • Surface Hardness yaitu kKekuatan dari permukaan suatu produk dengan cara menekannya menggunakan material yang lebih keras dari produk tersebut

Dengan menambahkan aditif impact modifier atau elastomer ke dalam formula, maka kelenturan dari produk tersebut akan meningkat secara tajam. Keempat parameter yang digunakan untuk mengukur kekuatan produk plastik pun juga meningkat dengan adanya tambahan impact modifier atau elastomer. Berikut adalah ilustrasi dari manfaat penggunaan impact modifier/elastomer:

Polimer impact modifier

Kapan sebaiknya Polimer Impact Modifier Digunakan?

Polimer ini dapat digunakan untuk banyak aplikasi tergantung dengan kebutuhan yang diinginkan pabrik plastik. Namun, pada umumnya dapat digunakan untuk 3 hal berikut ini:

Meningkatkan kualitas produk

Seperti yang telah dijelaskan pada poin sebelumnya mengenai performa produk, pada dasarnya impact modifier/elastomer digunakan untuk meningkatkan kualitas dari produk tersebut. Dengan menambahkan impact modifier/elastomer, maka produk plastik akan menjadi tidak mudah rusak yang diakibatkan oleh benturan atau gesekan.

Mengurangi jumlah cacat produksi

Seringkali terjadi masalah cacat produksi yang disebabkan baik oleh faktor mesin maupun manusia. Dan sering terjadi masalah yang terjadi pada produk plastik adalah keretakan pada produk akhir. Dengan menambahkan impact modifier/elastomer, maka kekuatan produk tersebut pun meningkat dan mengurangi kemungkinan terjadinya keretakan pada produk plastik

Mengurangi total cost

Banyak pabrik plastik yang menggunakan resin murni sebagai bahan baku utama. Konsekuensi dari menggunakan resin murni adalah tingginya biaya dari bahan baku. Oleh sebab itu, terkadang banyak pabrik yang menyiasati permasalahan ini dengan mencampur resin murni dengan resin recycle. Tujuannya adalah untuk mengurangi biaya produksi. Namun, akibat dari mencampurkan resin murni dengan resin recycle adalah kekuatan produk jadi menurun yang disebabkan oleh properties dari resin recycle juga sudah menurun. Akibatnya sering terjadi kecacatan produk atau hasil dari produk akhir yang dihasilkan kurang berkualitas. Dengan menambahkan impact modifier/elastomer, maka hal ini dapat meningkatkan kekuatan dari produk plastik yang menggunakan campuran resin recycle di dalam formula. Sangat direkomendasikan bagi pabrik untuk menghitung ulang total cost yang dihasilkan dari penggunaan 100% resin murni dibandingkan dengan menggunakan campuran recycle + impact modifier.

Industri Plastik apa yang cocok menggunakan Impact Modifier/Elastomer?

Impact Modifier/Elastomer sangat cocok digunakan untuk produk plastik yang sering terpapar dengan benturan. Berikut adalah industri plastik yang direkomendasikan untuk menggunakan impact modifier/elastomer demi peningkatan performa produk plastik:

  • Otomotif
  • Cup air gelas
  • Sepatu
  • Packaging film
  • Barang rumah tangga
  • Elektronik
  • Masterbatch atau compound
  • PP sheet
  • Filter air

Rekomendasi merk Polimer Impact Modifier atau Elastomer apa yang dapat digunakan?

Tafmer DF/A Grade adalah Polimer Impact Modifier atau Elastomer yang diproduksi oleh perusahaan kimia ternama di dunia yaitu Mitsui Chemical dengan merk dagang di pasar TAFMER. Dengan harga yang relatif terjangkau dan kompetitif, tentu hal ini akan memberikan manfaat yang sangat besar bagi pabrik-pabrik yang membutuhkan. Produk ini memiliki beberapa grade disesuaikan dengan aplikasi yang dibutuhkan.

Chemindo Interbuana merupakan distributor yang diberikan kepercayaan oleh Mitsui untuk mendistribusikan produk mereka di Indonesia. Dengan tim sales dan support technical yang kuat, Chemindo Interbuana telah banyak membantu pabrik-pabrik plastik di Indonesia dalam menyelesaikan permasalahannya. Bagi pabrik-pabrik plastik yang sedang membutuhkan bantuan dalam menyelesaikan permasalahan performa produk plastik, dapat langsung menghubungi kami dan kami akan segera melayani kebutuhan Anda.

Silahkan hubungi kami di (021) 5818570 atau WhatsApp kami di +62 811 555 8585

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Scroll to Top
Open chat